Manfaat Olahraga Lari

| |

Kalau ditanya, Olahraga apa sih yang paling murah? Hmmm pasti banyak sekali yah jawabannya, ada yang jawab renang, sepakbola, basket, dsb. Tapi kalau kita pikir-pikir lagi ternyata olahraga yang paling murah itu adalah olahraga Lari atau sekedar Jogging lho temen-temen. Kok bisa? Iya donk, ketimbang olahraga yang lain Lari merupakan olahraga yang tidak membutuhkan dana untuk melakukannya yang penting ada niat untuk Lari atau Jogging.

Bicara soal manfaat lari atau Jogging memang tidak usah ditanya lagi, Lari atau Jogging punya banyak sekali manfaatnya, pengen tau apa saja?

1. Membakar lemak
buat temen-temen wanareja yang merasa punya berat badan yang agak gede atau berlebih disaranin banget untuk sering Lari atau Jogging, asalkan rutin buat lari Insya Allah deh berat badan temen-temen bisa lebih sexy lagi.
2. Menyehatkan saluran pernafasan
Berlari sejam per hari mengurangi risiko 18persen terkena infeksi saluran pernafasan ketimbang mereka yang tidak aktif lho, temen-temen yang ngerasa perokok harus diimbangi dengan olahraga yah? Agar pernafasan kita selalu sehat
3. Tidur menjadi lebih nyenyak
Para peneliti melihat efek berlari pada orang-orang yang memiliki kondisi insomnia. Di hari mereka berlari, ditemukan bahwa mereka bisa tidur setelah 17 menit berbaring, sementara dihari mereka tidak berlari, mereka butuh sekitar 38 menit bisa tidur. Bahkan mereka juga tidur 1 jam lebih lama di keesokan hari nya.
4. Menajamkan penglihatan
Selain manfaat diatas Lari pun bisa menguatkan penglihatan lho, orang yang berlari sekitar 56 kilometer per minggu diketahui memiliki penglihatan yang jauh lebih sekitar 54 persen ketimbang orang yang hanya berlari sekitar 16 kilometer per minggu nya.
5. Hidup lebih lama
Siapa sih manusia di dunia ini yang engga pengen panjang umur, selain berdoa Lari juga bisa membuat kita panjang umur. Ini buktinya, sebuah rangkuman dari 22 penelitian menemukan bahwa orang yang berolahraga sekitar 2,5 jam per minggu mengurangi 19 persen risiko meninggal di usia muda ketimbang mereka yang tidak berolahraga. Penelitian lain mengatakan bahwa mereka yang aktif menurunkan 50 persen risiko meninggal terlalu dini.

Temen-temen udah baca kan sebagian manfaat dari olahraga Lari atau Jogging di atas? Nah, untuk yang merasa jarang olahraga atau yang mempunyai pola hidup tidak sehat sangat di anjurkan sekali untuk berolahraga. Engga usah yang mahal-mahal deh, cukup dengan Lari atau Jogging saja juga udah cukup kok, apalagi di Wanareja kan banyak tuh tempat-tempat yang enak buat dikunjungi sembari Lari atau sekedar Jogging. Temen-temen bisa ke daerah Malabar contohnya,di Malabar tiap minggu pagi lumayan banyak warga sekitar Wanareja yang sengaja Lari atau jogging kesana loh, selain udaranya yang sejuk dihiasi indahnya hutan pinus ABG nya juga cantik-cantik lho. Ayo kita berolahraga ciptakan masyarakat Wanareja yang Sehat.

1 komentar:

Mahesa Jeunar mengatakan...

Lari emang olahraga yang tidak memerlukan dana :D Manteb banget... Tapi sayang, setelah jaman saya SMA saya jarang banget lari :P Lari paling kalo pas lagi di kejar-kejar guru BK doang :D hahaa...
Keep Posting om ;)

Posting Komentar