Hati-hati Bahaya Buah Impor Berformalin

| |

Buah merupakan sumber gizi yang baik bagi tubuh kita, karena didalam buah terdapat serat,vitamin dan berbagai zat gizi lainnya. Kebutuhan akan buah sudah tak diragukan lagi besarnya, banyak petani di Indonesia bergerak dalam bidang pembudidayaan buah bahkan ditambah dengan agrowisata yang sangat menarik sehingga membuat bisnis akan pembudidayaan buah semakin ramai belakangan ini dan banyak kita jumpai diberbagai kota di Indonesia, contoh Taman buah Mekarsari, Kebun strawberry di Ciwidey dan masih banyak lagi.

Disamping itu, desakan buah impor yang datang dari luar juga luar biasa besarnya sehingga banyak petani-petani buah tradisional di Indonesia kesulitan dalam pemasaran ditambah lagi dengan isu bahwa buah yang berasal dari petani lokal banyak menggunakan zat pestisida dalam pembudidayaannya, padahal untuk membeli pestisidanya saja sudah kesulitan karena harganya yang mahal. Buah impor semakin merajalela di pasar Indonesia hampir disetiap swalayan terdapat buah-buah impor dari berbagai negara seperti China, Australia, Amerika, dll. Namun apa yang terjadi baru-baru ini cukup menggemparkan masyarakat Indonesia tentang Buah Impor yang mengandung Formalin.

Badan Karantina Kementrian Pertanian mengakui telah menemukan 19 penyakit dan unsur berbahaya yang terkandung dalam sampel buah impor yang diperiksa selama dua tahun terakhir. Umumnya adalah buah jeruk dan apel impor.

"Kita sudah publis, dalam buah impor kami temukan 19 jenis macam penyakit berbahaya bagi manusia," kata kepala Badan Karantina Banun Harpini, Detik Finance, senin (18/6/1012). Menurut banun, Kementrian Pertanian (Permentan) telah mengeluarkan permentan nomor 88 tahun 2011 untuk mengawasi keamanan pangan terhadap pemasukan dan pengeluaran pangan segar asal tumbuhan (PSAT) untuk meminimalisir risikp pencemaran berbahaya.

Untuk melihat buah tersebut mengandung formalin atau tidak, dapat dilihat dari ciri pada buah biasanya buah yang mengandung formalin itu warnanya keputihan, sedikit licin dan bila dimakan meninggalkan bekas dimulut. Efek buruk dari formalin sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita maka berhati-hatilah dalam membeli buah. Telitilah terlebih dahulu sebelum membelinya. buah yang berformalin biasanya terdapat bekas suntikan dibagian ujung yang ada tangkai buahnya. Buah impor memerlukan waktu berbulan-bulan untuk dapat sampai di Indonesia sehingga nilai kesegaran dan gizinya sudah banyak berkurang drastis dan sudah pasti memerlukan pengawet agar buah tersebut tetap terlihat segar.

Lebih baik apabila kita mengkonsumsi buah-buah yang dibudidayakan oleh petani indonesia nilai gizinya tidak akan jauh berbeda bahkan lebih baik dari buah impor yang menggunakan formalin selain itu kita juga akan membantu kelangsungan kehidupan ekonomi para petani buah di Indonesia.

Nahh itulah sedikit informasi tentang buah berformalin yang berbahaya bila dikonsumsi oleh kita terus-menerus. Semoga bermanfaat .


Sumber: Detik funance.

0 komentar:

Posting Komentar